Karakteristik Kepemimpinan yang Baik

pengantar

Beberapa kepemimpinan telah dicirikan sebagai baik dan telah digunakan sebagai tantangan bagi orang lain untuk ditiru. Namun uraian ini menimbulkan pertanyaan yang jelas: pada kriteria apa kepemimpinan ini dicirikan sebagai baik? Sudah pasti bahwa beberapa pemimpin, yang kepemimpinannya tidak termasuk dalam kategori ini, memiliki kualitas yang baik yang dapat ditiru oleh orang lain. Untuk alasan ini, penting untuk tidak hanya mengetahui bahwa kepemimpinan telah dicirikan sebagai baik tetapi juga untuk mengetahui karakteristik yang mengkualifikasikannya sebagai baik. Menurut Anthony D'souza, kepemimpinan melibatkan hubungan antar tiga elemen:

(a) Keterampilan dan kebutuhan berkualitas dari para pengikut
(b) Kebutuhan dan harapan kelompok
(c) Tuntutan atau persyaratan situasi.1

Hal ini dapat diamati dari apa yang D'souza telah katakan bahwa elemen pertama berhubungan dengan kepribadian pemimpin; yang kedua, para pengikutnya dan yang ketiga, tugas yang harus diselesaikan.

Atas dasar apa yang telah dikatakan karakteristik kepemimpinan yang baik akan diidentifikasi di bawah judul berikut: -

(a) Karakteristik pribadi pemimpin
(b) Karakteristik para pengikut
(c) Tugas atau misi pemimpin. Para pemimpin terpilih dalam Alkitab, yang kepemimpinannya

telah diklasifikasikan sebagai baik akan membentuk dasar dari presentasi ini.

(a) Karakteristik Pribadi Pemimpin

Dapat diamati dari tulisan suci bahwa Allah sangat selektif dalam memilih pemimpin untuk tugas-tugas tertentu. Tuhan secara khusus memilih Nehemia untuk menjadi ujung tombak pembangunan kembali tembok Yerusalem; Musa untuk membawa orang Israel keluar dari perbudakan di Mesir; Paulus, untuk merintis pekerjaan misionaris kepada orang bukan Yahudi dan Daud, yang kekerabatannya akan memiliki dinasti yang langgeng, untuk menggantikan Saul. Orang-orang ini tentu memiliki kualitas yang penting untuk kepemimpinan yang baik. Tuhan mengenali sifat-sifat ini di dalam mereka sebagai potensi ketika Dia memilih mereka.

Dalam bagian ini, beberapa kualitas pemimpin yang disebutkan di atas akan dibahas dengan cara yang lebih umum. Tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa telah diakui bahwa kualitas pribadi pemimpin yang baik, ketika diterapkan pada kepemimpinan adalah karakteristik kepemimpinan yang baik.

Nehemia

Dalam merefleksikan kitab Nehemia, John White mengatakan bahwa "kitab Nehemia terutama berfungsi untuk mengungkap bagi kita bagian dari rencana Allah yang sedang berjalan untuk umat-Nya. Tetapi selalu itu adalah manusia, watak dan kepemimpinannya yang memegang minat saya ".2 Dua hal penting menonjol dari pernyataan evaluatif John White tentang kepemimpinan Nehemia yang merupakan karakteristik dari kepemimpinan yang baik. Yang pertama adalah karakter dan perilaku Nehemia sendiri sebagai pemimpin dan yang kedua, adalah kemampuan kepemimpinannya. White lebih jauh memuji bahwa mungkin salah satu alasan mengapa Nehemia dipilih sebagai seorang cupbearer adalah karena kualitas pribadi yang terlatih baik seperti karakter stabil. Karakter stabil yang terlatih seperti itu bukan hanya upaya Nehemia saja. Ini dapat dilihat dalam pernyataan berikut - "Allah menggunakan kehidupan doa aktif Nehemia untuk membentuknya menjadi seorang pemimpin yang saleh" .3 Sebagai pemimpin yang saleh, Nehemia bergantung pada Allah yang darinya dia menerima dukungan dan dorongan pribadinya, yang memotivasi dia cukup untuk berhasil. Nehemia mencapai tujuan pelayanannya dan kepemimpinannya telah dicirikan sebagai baik. Karakter dan tingkah lakunya yang baik dan demonstrasi kemampuan kepemimpinannya adalah karakteristik pribadi dari kepemimpinannya, yang membuatnya berhasil.

Musa

Pelatihan masa kecil Musa sebagai anak angkat dari putri Firaun disesuaikan dengan kepemimpinan. Insiden, yang menyebabkan dia melarikan diri dari Mesir, mengungkapkan bahwa dia mengenali kualitas kepemimpinannya sebelum Tuhan memanggilnya menjadi pemimpin. Namun, butuh waktu 40 tahun dari saat dia melarikan diri dari Mesir, sebelum Tuhan memanggilnya menjadi pemimpin. Joyce Peel mengamati bahwa Musa belajar bagaimana menjadi seorang gembala. Selama bertahun-tahun merawat domba mengajarinya kesabaran yang dibutuhkannya sebagai pemimpin anak-anak Israel yang berkepentingan.4 Pengamatan ini oleh Joyce Peel menunjukkan bahwa kualitas pribadi kesabaran dalam kehidupan Musa merupakan karakteristik dari kepemimpinannya yang baik. Kualitas ini terbukti dalam kehidupan Musa melalui tantangan besar yang ia hadapi sebagai pemimpin atas Israel. Salah satu contoh adalah ketika dia turun dari Gunung Sinai dan menemukan orang-orang yang menyembah anak lembu emas. Dia menghancurkan tablet yang bertuliskan perintah Allah, dan, dengan teriakan meriah, 'siapakah di sisi Tuhan?', Memanggil orang-orang Lewi yang setia ke pembantaian.5 Keesokan harinya dia mencela orang-orang dan kemudian patah hati, kembali ke atas gunung untuk memohon pengampunan mereka.6

Kesabaran bukan satu-satunya kualitas pribadi yang dimiliki Musa. Tetapi telah digunakan untuk menunjukkan bahwa kualitas pribadi yang baik,ketika diterapkan pada kepemimpinan, membawa hasil positif. Karena itu, kualitas pribadi yang baik adalah karakteristik kepemimpinan yang baik.

Paul

Paulus membuat prestasi besar dalam pelayanan yang Tuhan panggil dia. Namun, prestasi harus dilihat sebagai petunjuk untuk kemampuan atau kualitas pribadi yang dimiliki seorang pemimpin yang membuatnya berhasil. Lalu, kualitas-kualitas apa di dalam diri Paulus yang membuatnya berhasil? Pertama, penting untuk melihat beberapa prestasi yang dibuat Paulus. Dia membuat dampak luar biasa dalam pekerjaan misionarisnya dan juga dalam tulisannya. John Stott mengamati bahwa tiga belas surat yang diberikan kepada Paulus dalam bentuk Perjanjian Baru hampir persis seperempat dari keseluruhan Perjanjian Baru. Ini adalah penemuan kembali teologi Paulus yang mengarah pada reformasi abad keenam belas, bahwa revolusi teologis yang mendorong pergolakan di dalam Gereja Katolik Roma dan menyebabkan kelahiran semua gereja Protestan saat ini.7 Latar belakang pendidikan Paulus memberinya keuntungan ini. Seharusnya tidak luput dari perhatian bahwa rasul besar ini menggunakan semua yang telah ia capai secara pribadi dalam tahun-tahun pembentukannya dalam peran kepemimpinannya. Memanfaatkan kualitas pribadinya dalam membawa hasil positif dalam kepemimpinannya adalah karakteristik kepemimpinan yang baik dari Paulus.

David

Menurut Ted W. Engstrom, Daud raja kedua Israel sangat berbeda dengan Saul, raja pertama.8 Ini karena sifat-sifatnya yang mulia, murah hati, dan mengagumkan yang ditunjukkannya dalam kepemimpinannya. Perbandingan ini menunjukkan bahwa kepemimpinan Daud tidak hanya lebih baik daripada kepemimpinan Saul, tetapi kepemimpinannya dapat dicirikan sebagai baik. John C. Maxwell juga membandingkan kedua pemimpin itu. Sebagai jawaban atas sebuah pertanyaan, yang dia ajukan - 'Mengapa Saul gagal sebagai raja Israel sementara David, yang tampaknya lebih lemah berhasil?' dia mengatakan bahwa itu karena sikap David. Tidak seperti Saulus, David berusaha menjadi pemimpin yang lebih baik.9 Dari dua penulis ini jelaslah bahwa kualitas pribadi Daud, terutama sikapnya untuk selalu menjadi pemimpin yang lebih baik adalah karakteristik kepemimpinannya yang baik. Memiliki kualifikasi atau kualitas adalah satu hal, tetapi menerapkannya dalam peran kepemimpinan seseorang adalah hal lain. David menerapkan kualitas kepemimpinannya dalam memimpin dan membuat dampak sebagai seorang pemimpin.

Karakteristik Pengikut

Beberapa karakteristik kepemimpinan yang baik dapat diidentifikasi dengan pengikut. Sebelum mengidentifikasi karakteristik ini, akan sangat membantu untuk memeriksa beberapa definisi kepemimpinan, untuk diingatkan tentang hubungan antara pemimpin dan pengikut. Menurut Oswald Sanders, kepemimpinan adalah pengaruh. Ini adalah kemampuan satu orang untuk mempengaruhi orang lain untuk mengikuti kepemimpinannya. Ted W. Enngstrom mendefinisikan kepemimpinan hanya dengan dua kata - 'pemimpin memimpin'. Myron Rush juga memberikan definisi kepemimpinan dan definisi kepemimpinannya sebagai 'pemimpin yang mereproduksi dirinya sendiri pada para pengikut'. Definisi-definisi ini menunjukkan hubungan antara pemimpin dan pengikut tetapi yang paling signifikan, apa yang mereka anggap sebagai tujuan dari hubungan tersebut. Oswald Sanders dan Engstrom fokus pada aspek berikut. Fokus ini mengidentifikasi salah satu karakteristik dari kepemimpinan yang baik - pengikut yang mau. Jika seseorang memberikan pertimbangan terhadap poin D'souza yang dikutip dalam pendahuluan, bahwa salah satu unsur kepemimpinan adalah 'kebutuhan dan harapan kelompok', maka salah satu alasan mengapa orang bersedia mengikuti pemimpin mereka adalah karena kebutuhan dan harapan mereka bertemu. Karakteristik lain dapat diidentifikasi dari definisi Myron Rush - membuat pemimpin keluar dari pengikut, ada jaminan keberlangsungan kementerian itu. Keempat pemimpin, Nehemia, Musa, Paulus dan Daud, yang kepemimpinannya telah digolongkan baik, sekarang akan digunakan sebagai ujian untuk mengidentifikasi dua karakteristik itu.

Nehemia

Ketika Nehemia kembali ke Yerusalem dari Susa, dia pertama-tama secara pribadi menilai situasi penghancuran Yerusalem. Setelah itu dia memanggil orang-orang dan membagikan visinya. Alkitab menyatakan bahwa orang-orang menanggapi Nehemia (lihat Neh. 2: 8). Ini menunjukkan dengan jelas bahwa sejak awal misinya, Nehemia memiliki pengikut yang bersedia. Mereka bersedia mengikuti karena mereka menyadari bahwa visi itu baik dan bahwa beberapa kebutuhan mereka sebagai komunitas akan terpenuhi. Maxwell mencatat bahwa tembok Yerusalem dibangun kembali karena kemampuan Nehemia untuk bekerja dengan orang-orang dan memimpin mereka di mana mereka harus pergi.10 Ini menunjukkan bahwa Nehemia memiliki pengikut yang bersedia.

Selain itu Nehemia memberi pengakuan kepada pemimpin bawahan saat ia mendelegasikan tanggung jawab kepada mereka. Ini, seperti yang dia katakan, membuka potensi kepemimpinan untuk orang lain.11 Oleh karena itu seseorang dapat dengan benar mengatakan bahwa Nehemia tidak hanya memiliki pengikut yang bersedia tetapi juga para pemimpindireproduksi di bawah pelayanannya.

Musa

Ketika Musa kembali ke Mesir untuk membebaskan orang Israel, mereka pada mulanya bersemangat. Tetapi ketika Musa membuat situasi mereka lebih buruk mereka tidak lagi bersemangat tentang kebebasan. Namun, pada akhir wabah kesembilan, mereka menyadari bahwa Musa adalah hamba Allah yang dikirim untuk membebaskan mereka. Mereka mengikuti instruksi Musa dalam mengamati Paskah dan kemudian dengan sukarela mengikutinya ketika dia memimpin mereka keluar dari Mesir.

Ada juga bukti tulisan suci bahwa para pemimpin diproduksi di bawah kepemimpinan Musa. Salah satu contoh adalah Joshua, yang menggantikannya. Joshua yang telah menjadi asisten pribadi Musa dibimbing oleh Musa untuk menjadi seorang pemimpin. Kepemimpinan Musa karenanya memiliki karakteristik pengikut yang bersedia dan yang mereproduksi pemimpin.

Paul

Bahkan ketika dia "Paul yang sudah lanjut usia", dia tetap menjadi model dan pemimpin sekelompok pemuda yang dinamis. Kasih sayang yang ia gambarkan di dalam hati para pengikutnya tercermin dalam air mata yang mengalir ketika ia memberi tahu mereka bahwa mereka tidak akan melihatnya lagi (Kis. 20: 36-38) .12 Sanders mengungkapkan dalam petikan yang dikutip di atas bahwa rasul Paulus memiliki karakteristik pengikut yang bersedia. Pelayanannya memiliki dampak besar dalam kehidupan banyak orang, yang juga tidak mau menukar kepemimpinannya dengan yang lain.

Seperti Tuhan Yesus, Paulus menginvestasikan hidupnya pada beberapa orang karena dia mengharapkan banyak dari mereka. Ini adalah orang-orang yang dia ambil dalam perjalanan misinya. Dua orang, Timotius dan Titus menjadi pemimpin Gereja-Gereja lokal. Karena itu, seperti Musa, kepemimpinan Paulus memiliki karakteristik pengikut yang bersedia dan yang menghasilkan pemimpin.

David

Daud menjadi terkenal ketika dia membunuh Goliath, raksasa Filistin. Eugene H. Merrill, mengomentari tentang kemenangan Daud yang mencadangkan bahwa dengan popularitasnya yang meningkat di antara orang-orang itu datang kemerosotan hubungannya dengan Saul, karena raja menjadi cemburu yang gila-gilaan terhadap Israel yang baru.13 Jelaslah bahwa Daud memiliki banyak pengikut. Orang-orang mengikutinya karena potensi yang mereka lihat dalam dirinya. Mereka mengenalinya sebagai pemimpin besar, bahkan sebelum pengakuan resmi diberikan kepadanya.

Daud memerintah Israel selama kurang lebih 40 tahun dan pada saat ia mengundurkan diri sebagai raja, Salomo, putranya telah dipersiapkan untuk posisi itu. Jadi, seperti Nehemia, Musa, dan Paulus, kepemimpinan Daud dicirikan oleh pengikut yang mau dan para pemimpin yang menghasilkan.

(c) Tugas atau komisi pemimpin

Itu dapat diamati dari tulisan suci bahwa Tuhan selalu memberikan tugas atau misi khusus kepada setiap orang yang dia panggil kepada kepemimpinan. Beberapa karakteristik kepemimpinan yang baik dapat diidentifikasi dengan cara para pemimpin berangkat untuk menyelesaikan tugas atau misi mereka. Ada dua hal yang sangat penting untuk bagaimana seorang pemimpin menyelesaikan tugasnya. Ini adalah visinya dan gaya kepemimpinannya. Visi dan gaya kepemimpinan seorang pemimpin dapat menjadi karakteristik dari kepemimpinan yang baik dan buruk. Namun, di bagian ini tujuannya adalah untuk mendayakan bagaimana dua karakteristik ini dapat menjadi karakteristik kepemimpinan yang baik.

Menurut John Haggai, visi itu penting karena merupakan faktor kunci dalam kepemimpinan yang berhasil.14 Seorang pemimpin dapat memiliki visi yang baik dan visinya tidak berkontribusi dalam cara apa pun untuk membuat kepemimpinannya menjadi baik. Haggai menunjukkan apa yang perlu dilakukan seorang pemimpin untuk menjadikan visinya sebagai karakteristik yang berkontribusi terhadap kepemimpinan yang baik. Pertama, dia mengatakan bahwa baik pemimpin maupun pengikut harus memahami visi tersebut. Adalah tanggung jawab pemimpin untuk membantu para pengikut memahami visi dan menerimanya. Kedua, baik pemimpin maupun pengikut harus berkomitmen untuk bertindak atas visi tersebut. Tindakan ini melibatkan merancang program tujuan untuk memenuhi visi. Dengan cara ini baik pemimpin dan pengikut siap untuk menghadapi kesulitan dan menghilangkan rintangan. Dengan cara inilah visi dapat menjadi karakteristik kepemimpinan yang baik.15

Aspek lain yang disebutkan yang dapat menjadi ciri kepemimpinan yang baik adalah gaya kepemimpinan. Gaya kepemimpinan telah diberi klasifikasi berbeda oleh penulis. Anthony D'souza mengklasifikasi gaya kepemimpinan dalam suatu kontinum di mana satu ujung digambarkan sebagai berorientasi tugas dan yang lain sebagai berorientasi hubungan. 16 Myron Rush juga setuju dengan D'souza bahwa gaya kepemimpinan dapat dilihat dalam suatu kontinum, tetapi ia menggunakan istilah deskriptif yang berbeda untuk gaya yang berbeda dalam kontinum.17 Empat gaya yang digunakan dalam kontinum Rush adalah: diktator, otoritatif, konsultatif dan partisipatif. Para penulis ini berpendapat tentang gaya bukanlah untuk menunjukkan yang terbaik melainkan untuk menunjukkan pentingnya semua dari mereka. Poin yang mereka buat adalah bahwa kepemimpinan yang baik memiliki karakteristik dari gaya kepemimpinan yang berbeda. Pemimpin harusfleksibel terhadap situasi yang berubah. Ketika dia mampu menyesuaikan gaya kepemimpinannya dengan perubahan situasi, maka gaya kepemimpinannya ... menjadi ciri kepemimpinan yang baik. Myron Rush memberi contoh situasi di mana gaya kepemimpinan tertentu sesuai. Dia mengatakan, gaya kepemimpinan diktator sesuai dalam keadaan darurat atau ketika kehidupan orang-orang, dipertaruhkan; gaya konsultatif dalam melakukan perencanaan berkelanjutan untuk departemen atau organisasi; gaya otoritatif ketika karyawan terus-menerus menyalahgunakan otoritas dan gaya partisipatif ketika orang menjadi kompeten dalam melaksanakan tanggung jawab rutin mereka.18

Keempat pemimpin yang disebutkan dalam makalah ini, yang kepemimpinannya telah digolongkan baik, sekarang akan digunakan sebagai uji kasus untuk menentukan apakah poin yang disebutkan di sini adalah karakteristik dari kepemimpinan mereka.

Nehemia

Joyce Peel, mengomentari tugas Nehemia membangun tembok Yerusalem mengatakan bahwa bangsa yang putus asa membutuhkan pemimpin yang diilhami yang dapat menyatukan dan menggembleng rakyatnya untuk bertindak. Orang seperti itu adalah Nehemia.19 Kata-kata ini tidak hanya mengungkapkan bahwa Nehemia memiliki visi yang jelas tentang tugasnya tetapi juga mampu membuat pengikutnya memahami visi dan berkomitmen untuk bertindak atasnya. Ini hanya satu alasan mengapa mereka mampu membangun kembali tembok dalam lima puluh dua hari. Banyak orang Yahudi menyesali reruntuhan tembok kota Yerusalem, tetapi butuh visi satu orang, yang menyatukan orang-orang dan memberi mereka harapan untuk mengubah situasi. Engstrom juga menunjuk pada fakta bahwa orang-orang menangkap visi Nehemia dan bertindak atasnya, ketika dia mencatat: "Seseorang hanya membaca Kitab Nehemia untuk menemukan pentingnya orang-orang di tempat kerja. Para pemimpin dalam membangun tembok kuil dan kota tidak pernah Kehilangan total tujuan dan gambaran keseluruhan. Mereka mampu menjaga fokus ini dengan menggunakan semua orang serta para ahli yang dilatih untuk melakukan pekerjaan tertentu ".20 Kepemimpinan Nehemia memiliki karakteristik visi yang jelas yang secara aktif dikejar oleh dirinya dan pengikutnya.

Hal ini dapat diamati dari kitab Nehemia, bahwa Nehemia menggunakan gaya kepemimpinan konsultatif ketika dia tiba di Yerusalem untuk memulai pekerjaan. Namun dalam beberapa bab terakhir dari buku ini, ketika ada yang salah, gaya kepemimpinannya berubah menjadi yang otoritatif. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa kepemimpinan Nehemia memiliki karakteristik visi dan gaya kepemimpinan yang berubah.

Musa

Musa memiliki visi yang jelas ketika ia kembali ke Mesir untuk memimpin anak-anak Israel keluar dari perbudakan. Orang Israel ingin bebas, tetapi mereka meragukan kemungkinan Musa membebaskan mereka. Namun, ketika mereka menjadi yakin bahwa Musa adalah hamba Allah yang akan membebaskan mereka dari perbudakan, mereka mematuhi perintahnya dan kemudian berjalan keluar dari Mesir mengikutinya.

Catatan alkitabiah juga menunjukkan bahwa Musa memvariasikan gaya kepemimpinannya. Sebelum Yitro datang mengunjunginya, dia membawa beban berat untuk bekerja sendirian. Myron Rush menunjukkan bahwa itu adalah gaya kepemimpinan yang otoritatif karena Musa harus membuat setiap keputusan.21 Setelah pertemuannya dengan Yethro, gaya kepemimpinannya berubah menjadi lebih dari yang konsultatif.

Paul

Penglihatan Paulus tidak hanya jelas baginya tetapi juga bagi para pengikutnya. Sejak pengalamannya di jalan Damaskus, dia tahu dia dipanggil Tuhan untuk menjadi misionaris.

Sanders mengamati bahwa Paulus adalah seorang blazer jejak misionaris, meninggalkan serangkaian Gereja baru di belakangnya. Ini adalah wajah yang signifikan bahwa kemajuan terbesar misionaris dari lima puluh tahun terakhir telah mengikuti penemuan kembali atau penekanan kembali dari prinsip-prinsip misionari Paulus.22 Ini karena visi dan asas Paulus untuk mencapai visi itu begitu jelas bahwa jauh setelah dia pergi orang-orang masih mengikuti langkahnya.

Itu juga dapat dilihat dari kisah Kisah bahwa Paulus memvariasikan gaya kepemimpinannya. Misalnya, dalam pertentangan antara dirinya dan Barnabas atas Yohanes Markus, Paulus menampilkan gaya kepemimpinan yang berwibawa. Sering kali dia juga berwibawa ketika berurusan dengan isu-isu di Gereja. Di lain waktu ia menunjukkan gaya kepemimpinan yang konsultatif - dalam masalah yang mengarah pada dewan Yerusalem. Dapat dilihat bahwa kepemimpinan Paulus adalah karakteristik dari visi yang jelas dan mengubah gaya kepemimpinan.

David

Ada dua hal yang sangat jelas dalam tulisan suci tentang Daud. Yang pertama adalah visinya untuk Israel dan yang kedua visinya untuk Tuhan. Daud adalah raja perang dan dia memimpin pasukannya dalam pertempuran melawan musuh-musuh Israel dan mengambil tanah yang Tuhan berikan kepada mereka. Dia juga menjalani hidupnya dalam pengabdian kepada Tuhan. Dia memiliki visi untuk membangun tempat tinggal bagi Tuhan. Meskipun Tuhan menolak hak istimewa ini, dia membuat persiapan besar untuk kuil ini, yang kemudian dibangun oleh putranyaSulaiman.

Ini jelas dalam tulisan suci bahwa Daud mengubah gaya kepemimpinannya sesuai dengan perubahan situasi. Dia menampilkan gaya kepemimpinan yang berwibawa ketika dia memimpin pasukannya dalam pertempuran. Misalnya dalam situasi ketika Nabal menolak untuk menghadiahi dia dan orang-orangnya dengan persediaan makanan untuk melindungi para hamba dan domba-Nya di ladang. Di lain waktu dia menunjukkan gaya kepemimpinan yang konsultatif. Ketika catatan alkitabiah diperiksa, orang dapat dengan jelas melihat bahwa kepemimpinan Daud menunjukkan karakteristik visi yang jelas dan gaya kepemimpinan yang berubah.

Kesimpulan

Dalam artikel ini beberapa karakteristik kepemimpinan yang baik telah diidentifikasi. Ini dilakukan di bawah judul berikut: (a) karakteristik pribadi pemimpin, karakteristik pengikut dan tugas atau komisi pemimpin. Pembagian ini didasarkan pada temuan Anthony D'souza, yang mengungkapkan bahwa kepemimpinan melibatkan hubungan antar tiga elemen - pemimpin, pengikut, dan tugas yang harus diselesaikan. Enam karakteristik kepemimpinan yang baik diidentifikasi dan mereka adalah sebagai berikut:

a) Kualitas pribadi pemimpin, yang memberinya kemampuan kepemimpinannya.
b) Pemimpin melakukan atau karakter yang dibentuk oleh kehidupan saleh yang ia jalani.
c) Kesediaan orang untuk mengikuti tanpa paksaan.
d) Reproduksi pemimpin dari para pengikut.
e) Visi yang jelas dari pemimpin, yang akhirnya menjadi visi dan masyarakat

fokus dalam pelayanan.
f) Variasi gaya kepemimpinan untuk menghadapi situasi kepemimpinan yang berbeda.

Enam pemimpin, yang kepemimpinannya telah dicirikan sebagai baik, digunakan sebagai uji kasus untuk melihat apakah kualitas yang disebutkan dapat ditemukan dalam kepemimpinan mereka. Terbukti bahwa karakteristik ini terbukti di masing-masing kepemimpinan mereka. Ada banyak lagi kualifikasi kepemimpinan yang baik, tetapi yang terpenting adalah memiliki keseimbangan di tiga bidang utama yang diidentifikasi. Seorang individu dapat memiliki semua kualitas kepemimpinan yang baik, namun kepemimpinannya mungkin tidak baik karena gaya kepemimpinannya. Juga, orang-orang mungkin tidak mengikuti pemimpin karena visinya tidak jelas bagi mereka. Kepemimpinan yang baik tidak hanya bergantung pada pemimpin atau pengikut atau gaya kepemimpinan tetapi pada ketiga kualitas ini. Ketika ada keseimbangan di ketiga bidang ini, kepemimpinan menjadi luar biasa dan itulah jenis kepemimpinan yang digambarkan Nehemia, Musa, Paulus dan Daud.

AKHIR CATATAN

1. Anthony D'souze, Menjadi Seorang Pemimpin (Achimota: African Christian Press, 1990),

p 25.

2. John White, Excellence In Leadership: Pola Nehemia (Leicester:

Intervarsity Press, 1986), hal 10-11.

3. Ibid, p 14.

4. Joyce Peel, A Journey Through The Old Testament: Kisah Tuhan

Hubungan Dengan Pria Wanita dan Dunia (Oxford: The Bible Reading

Fellowship, 1993), hal 35.

5. Ibid, hal 41.

6. Ibid. hal 41.

7. John Stott, Pria Dengan Pesan: Sebuah Pengantar Untuk Perjanjian Baru Dan Nya

Penulis (Suffolk: Evangelical Literature Trust, 1996), P 86.

8. Ted W. Engstrom, The Making of A Christian Leader (Michigan: Zondervan

Publishing House, 1976), hal. 30.

9. John C Maxwell, 21 Menit Terkuat di Hari Pemimpin; Merevitalisasi Anda

Spirit an Empower Your Leadership (Nashville: Thomas Nelson Publisher, 2000), hal. 4.

10. John C Maxwell, 21 Menit Terkuat di Hari Pemimpin: Revitalisasi Anda

Semangat dan Berdayakan Kepemimpinan Anda (Nashville: Thomas Nelsons Publishers, 2000),

P 68.

11. Oswald Sanders, Spiritual Leadership (Chicago: Moody Press, 1994), hal 166.

12. Oswald Sanders, Paul the Leader: Visi Untuk Kepemimpinan Kristen Saat Ini (Glasgow:

Kingsway Publication Ltd., 1983), h. 42.

13. Eugene H Merrill, I Samuel: The Bible Knowledge Commentary (Colorado: Chariot

Victor Publishing, 1985), hal 449.

14. John Haggai, Pimpin! Kepemimpinan Yang Bertahan Di Dunia Yang Berubah (London: Word

Penerbitan, 1986), hal 16.

15. Ibid. p 17.

16. Anthony D'souza, Menjadi Seorang Pemimpin (Achimota: African Christian Press, 1990), hal 36

17. Myron Rush; Manajemen: Perspektif Alkitab (Illinois: Victor Books, 1996), hlm. 219.

18. Myron Rush, Manajemen: A Biblical Approach (Illinios: Victor Books, 1983), hal 226.

19. Joyce Peel, Journey Through the Old Testament: Kisah Hubungan Tuhan dengan

Pria. Woman and the World (oxford: The Bible Reading Fellowship, 1993), hlm. 141.

20. Ted W Engstrom, Pembuatan Pemimpin Kristen: Cara Mengembangkan Manajemen

Dan Keterampilan Hubungan Manusia (Michigan: Zondervan Publishing House, 1976), hal

21. MyronRush, Manajemen: Sebuah Perspektif Alkitab (Illinois: Victor Books, 1976), h 220.

22. Oswald Sanders, Paul: Visi Untuk Kepemimpinan Kristen Saat Ini (Glasgow: Kingsway

Publikasi Ltd, 1983), p 967.

CATATAN AKHIR

1. Anthony D'souza, Menjadi Pemimpin (Achimota: African Christian Press, 1990),

p 25.
2. John White, Excellence In Leadership: Pola Nehemia (Leicester:

Intervarsity Press, 1986), hal 10-11.
3. Ibid. p 14.
4. Joyce Peel, A Journey Through The Old Testament: Kisah Tuhan

Hubungan Dengan Pria Wanita dan Dunia (Oxford: The Bible Reading

Fellowship, 1993), hal 35.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kepemimpinan Holistik